Minggu, 30 September 2012

Kunci Absensi

Diposting oleh Shabrina Salsabila di 20.18
Beberapa bulan yang lalu, semasih semester dua akhir, kami ada tugas kelompok Data Management dan mengerjakannya di tempat kos Fathia yang berada di KPAD. Dan itu untuk pertama kalinya aku main dan masuk ke kosannya. Tempatnya tidak terlalu ramai, bahkan kamarnya sendiri kurang dari 8 unit. Mungkin karena KPAD masih kawasan komplek.
Waktu masuk, aku lihat-lihat sekeliling kosan dan di dinding sebelah kanan dekat pintu ada semacam tulisan bahwa penghuni kos ada atau tidak ada di tempat. Kurang lebih seperti ini gambarnya....
(Sebelumnya maaf kalau kurang jelas, karena waktu itu gak sempet apalagi niat buat fotoin makanya dibuat replikanya :p)
Sempet nanya ke Fathia itu apa, dia jawab kalau itu semacam absensi kehadiran dia di kosan. Kalau ada penghuni masuk kos geser kertas sehingga tertulis ADA dan kalau ada penghuni yang pergi geser lagi kertas sehingga terlihat tulisan TIDAK ADA. Bagus juga sih, tapi kalau penghuninya lupa gak geser gimana? Sedangkan tau sendiri kan kalo kosan itu banyaknya individualis, gak terlalu peduli sama orang lain.
Ini yang tadi kepikiran di benak waktu main ke kos temanku yang satu lagi, Aya. Di kosannya di daerah Sukapura setiap penghuni punya kunci kamar masing-masing plus satu kunci gembok untuk pagar luar. Maksudnya adalah untuk memudahkan penghuni masuk atau keluar di saat ada keperluan. Nah, idenya adalah dengan menggabungkan pemakaian kunci gembok dan kunci kamar dengan absensi kehadiran penghuni kosan. Jadi konsepnya sama kayak penggunaan absensi sidik jari, tapi ini medianya kunci. Tiap kunci punya kode namanya sendiri (misal: kunci kamar 7 kode: Shabrina) yang akan langsung tierhubung ke database pengelola kosan kalau kunci tersebut terselot dan dipakai untuk membuka atau menutup pintu. Tanda penghuni masuk kosan adalah dengan membuka gembok depan dan membuka kunci pintu dari depan, dan tanda penghuni keluar kosan adalah dengan mengunci pintu kamarnya dari luar dan membuka gembok pintu depan dari dalam.
Gimana nih ideku? Yaaa lumayan sih buat menghindari kelupaan ngisi absensi kehadiran, juga meminimasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti pencurian, dll. Cukup satu syarat supaya ini bisa berjalan baik: Selalu bawa kunci dan biasakan untuk tidak meminjam kunci orang lain. ;-)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Daily of Mine ☀ Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review