Selasa, 28 Februari 2012

Eat Book, Read Food

Diposting oleh Shabrina Salsabila di 06.51
1.    Menurut saya, strategi pemasaran yang baik itu adalah pemasaran yang dapat menarik orang-orang untuk melihat iklannya, lalu tertarik untuk membelinya karena dinilai unik dan wajib untuk mencobanya. Diperlukan konsep yang sangat matang dalam membuat strategi pemasaran.
a.    Organisasi yang sudah cukup baik dalam melakukan strategi pemasaran adalah Bober Bandung, dalam bidang resto-cafe yang tentunya menyajikan makanan dan minuman.
b.    Segmentasi usia yang ditargetkan untuk menjadi pelanggannya adalah remaja yang dewasa ini senang sekali yang namanya nongkrong-nongkrong asik sambil ngobrol dengan temannya di waktu yang lama.
c.    Hal yang menarik dari strategi pemasaran Bober adalah dia tahu dimana saja menemukan remaja-remaja sehingga dapat mempromosikan resto-cafenya. Seperti contoh: Mereka mempromosikan di radio-radio ternama di Kota Bandung, lalu rajin sekali meng-update twiiter, menginformasikan menu makanan dan minuman yang cocok untuk hari ini, dan mereka pun selalu menyapa setiap akun yang sebelumnya sudah men-tweet dengan kata Bober (co: I'm at Bober Cafe with A,B,C). Dan satu hal yang paling menarik disini adalah, Bober tahu apa yang sedang booming dan up to date di kalangan remaja sehingga membuat mereka ingin datang ke tempatnya. Seperti akhir-akhir ini Bober pernah mengadakan Stand Up Comedy, lalu meet & greet Bisma dan Reza S*mash, dan rajin membuat acara musik di tempatnya dengan mengundang band-band lokal yang sudah cukup terkenal di Bandung.
d.    Saya rasa hampir sempurna Bober ini menjalankan strategi pemasarannya. Mungkin adalah bagaimana informasi yang diinginkan pelanggannya tidak hanya selalu di jejaring sosial Twitter, karena ada beberapa yang masih menggunakan Facebook tidak mendapatkan informasi sebanyak Bober.

2.   Jika saya menjadi pengusaha maka saya akan membuat Eat Book, Read Food (EBRF)
a.    EBRF ini adalah resto-library-cafe. Sebuah resto-cafe yang menyediakan perpustakaan dan buku juga raknya menjadi salah satu ornamen desain yang menjadi ciri khas kafe ini.
b.    Produk yang dihasilkan tentunya adalah makanan dan minuman. Untuk makanan, saya akan menyajikan 30% menu makanan berat dan 70% lagi menu makanan simpel (co makanan berat: nasi goreng; co makanan ringan: pancake, macaroons) untuk minuman, saya lebih suka menyajikan hot chocolate & kopi, tetapi untuk jus dan milkshake pun tetap akan disediakan.
c.    Alasan saya ingin memiliki usaha seperti ini karena tidak sedikit orang-orang yang menyukai membaca namun di saat sedang di sebuah resto/cafe mereka hanya disuguhkan oleh musik dan nyanyian sehingga saya ingin membuat suasana yang sedikit berbeda. Dengan dilantunkan musik yang tidak mendominasi, konsumen menjadi lebih tenang sambil membaca buku dan sambil menikmati makanan dan minuman yang disediakan.
d.    Segmentasi resto-library-cafe ini adalah usia yang target utamanya adalah remaja-remaja yang suka kesulitan jika ingin membaca sambil makan/minum karena di perpustakaan mana pun sudah diatur untuk tidak makan/minum sambil membaca.
e.   Banyak sekali strategi pemasaran yang dapat diambil dari Bober tadi. Dari bagaimana mereka mencari target pasar, teknik promosi dan mendekatkan diri dengan pelanggannya. Untuk itu semua, diperlukan kesadaran akan teknologi dan harus selalu up to date dengan situasi yang terjadi setiap harinya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Daily of Mine ☀ Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review